Kenaikan Harga Mobil Xenia lebih tinggi daripada Mobil Avanza

Awal tahun ini ATPM di Indonesia beramai-ramai menaikkan harga mobil, termasuk Daihatsu. Uniknya, salah satu produk andalannya, Xenia, mempunyai harga lebih tinggi daripada saudara kembarnya, Toyota Avanza, yang notabene sama. 

Dari data penjualan Auto2000, semua varian Avanza mengalami kenaikan harga Rp 1,5 juta per unit. Sementara kenaikan Daihatsu Xenia beragam, dimulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4,8 juta per unit. 

Elvina Afny selaku Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ATPM Daihatsu, menegaskan, kenaikan harga bukan dari produsen, tapi disebabkan pajak bea balik nama (BBN) yang naik setiap tahun. "Detailnya saya kurang hafal, yang pasti tak ada kenaikan dari ADM. Kenaikan itu adanya di tingkat dealer,"


Terkait dengan hal itu, Kroda Kalantara selaku Head Marketing & Vehicle PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation memberikan penjelasan perihal perbedaan harga tersebut. Meski mengacu pada kenaikan BBN yang sama dengan Avanza, harga Daihatsu tetap lebih tinggi. Pasalnya, pada Oktober 2009 pemerintah daerah sempat menaikkan BBN juga, tapi harga tetap ditekan oleh Daihatsu begitu juga dengan Honda Jazz.

"Akhir tahun kan situasi kurang baik, krisis sedang berkecamuk. Akhirnya, kami putuskan untuk tidak menaikkan waktu itu. Nah, baru sekarang kami naikkan, ditambah BBN yang baru karena melihat situasi perekonomian yang kembali positif," ujar Kroda. 

Selain itu, lanjut Kroda, untuk kenaikan harga Xenia yang lebih besar Rp 2 juta per unit, hal itu  lebih karena adanya berbagai fitur tambahan, seperti antikarat dan sensor parkir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar