Tips Membeli Velg Bekas di Toko Velg

Membeli barang bekas memang tidak semudah seperti membeli barang baru. Kita harus benar – benar sabar dan teliti untuk menentukan apakah kita akan membeli barang bekas yang kita inginkan. Tujuannya tidak lain adalah agar kita tidak tertipu dengan barang bekas yang kita beli. Sama halnya dengan membeli velg bekas di pedagang velg ataupun Toko Velg
Harga yang sangat murah menjadi salah satu faktor paling berpengaruh mengapa masih banyak pengguna mobil untuk membeli velg bekas. Bayangkan saja, harga satu set velg bekas bisa setengah bahkan kurang dari harga barunya atau yang fresh dari pabriknya. Disamping itu pilihan bentuk dan ukuran yang bervariasi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin meremajakan tampilan mobilnya. Berbagai merek velg baik merek lokal maupun import macam AMG, Brigh Well ataupun Enkei tersedia abekasnya. Lebih asiknya lagi velg orisinal bekas copotan dari mobil – mobil premium juga tersedia dan tentu dengan harga yang sangat murah. Biasanya velg bekas ini banyak kita dapatkan di pedagang – pedagang velg kaki lima, namun tak jarang Toko Velg besarpun ikut menjualnya.


Sebagai pengguna kendaraan yang ingin mempercantik mobilnya dengan mengganti velg dengan yang bekas tentunya harus teliti. Berikut merupakan tips cara membeli velg bekas di pedagang atau Toko Velg :
1. Bentuk fisik
Teliti bagian luar velg bekas yang akan kita beli. Biasanya velg bekas banyak yang merupakan hasil bubutan. Mungkin pemilik velg tersebut dulunya ingin memasang velg tersebut ke mobil yang ukuran atau jumlah baut pangikat velg-nya berbeda. 
Lalu periksa apakah bagian velg tersebut terdapat penyokan atau peyang akibat terkena lubang jalan atau sejenisnya. Sebaiknya lakukan balancing untuk mengetahui dan memastikan bahwa velg bekas yang akan kita beli tidak peyang. 
Cek juga apakah ada bagian yang retak. Jangan sampai velg yang retak dipasang pada mobil anda karena dapat mengakibatkan velg tersebut patah sewaktu jalan apalagi jika melihat jalanan yang ada di tanah air. 
2. Cat
Cat  velg mempengaruhi tampilan mobil itu sendiri. Belilah velg dengan cat yang masih terlihat kinclong, tidak banyak goresan. Pastikan bahwa cat yang melekat merupakan cat bawaan asli velg tersebut. Karena cat yang asli pastinya lebih awet dan tidak mudah tergores.
3. Harga
Sebaiknya kita mencari informasi tentang harga – harga velg mobil agar tidak tertipu sewaktu membeli velg bekas. Tawarlah harga dari harga yang telah ditawarkan oleh pedagang. Biasanya harga velg bekas tidak lebih dari ¾ dari harga barunya.
4. Garansi
Mintalah garansi setidaknya dua minggu dari hari dimana kita membeli velg tersebut. Sehingga apabila ada kerusakan pada velg tersebut, kita dapat komplain kepada panjualnya.
Pada intinya dibutruhkan sebuah ketelitian serta kesabaran dalam menentukan velg yang akan kita beli. Sebaiknya anda mengajak teman atau kerabat yang mengerti tentang seluk beluk velg. Pastikan juga Toko Velg yang anda singgahi dapat dipercaya. Semoga tips diatas dapat membantu anda yang ingin membeli velg bekas.

1 komentar: